Kasus Seks Roman Polanski Terus Berlanjut

| Monday, April 26, 2010

Pengadilan banding menolak upaya terbaru Roman Polanski untuk mengakhiri kasus seks pada beberapa dekade lalu. Hal itu dilakukan sebagai suatu langkah yang bisa membatasi Polanski untuk buron lagi ke Amerika Serikat.

Mengutip situs Reuters, Pengadilan California menolak permohonan Polanski untuk mengangkat sebuah pernyataan khusus agar menyeldiki kesalahan dalam kasusnya, berdasarkan informasi yang paling terbaru. Pengacara Polanski berharap pengadilan memberikan keringan untuk Polanski.

Tentang semua itu, pengadilan sama sekali belum memberikan pendapatnya. Bahkan, sama sekali tak terpengaruh permintaan korban Polanski, Samantha Geimer, untuk memberhentikan kasusnya,

Pemerintah Swiss mengatakan mereka sedang menunggu keputusan oleh pengadilan terhadap banding Polanski, sebelum memutuskan apakah akan mengekstradisi sutradara Rosemary's Baby itu. Sampai saat ini Polanski masih berada dalam tahanan rumah di resor mewah, Gstaad.

Polanski dituduh melakukan pelecehan seksual dan permainan seks terhadap Samantha yang masih berusia 13. Ketika itu, setelah meberikan sampanye dan sebuah pil Quaalude, Polanski memperkosa Samantha di rumah Jack Nicholson.

Atas kasus itu, Polanski didakwa atas tuduhan melakukan enam kejahatan, termasuk perkosaan, penggunaan narkoba, menganiaya anak, dan sodomi. Kenyataannya, Polanski menyatakan ia bersalah telah melakukan pelanggaran seksual.

Pihak berwenang sedang mempersiapkan ekstradisi Polanski dari Swiss ke Amerika Serikat agar ia bisa dihukum atas tuduhan itu. Sutradara yang memenangkan Academy Award ini melarikan diri dari Amerika Serikat pada malam hukuman di tahun 1978.

"Pengadilan banding membaca makalah dan membuat apa yang kita rasakan adalah keputusan yang tepat," ungkap juru bicara pengacara distrik Sandi Gibbons.

Polanski kembali ke pengadilan banding pada Maret 2010 dengan kesaksian dari mantan jaksa yang menangani kasus tersebut. Jaksa itu bersaksi dalam sidang tertutup bahwa ia mencoba mendiskualifikasi hakim asli pada 1977 atas dasar kesalahan, tetapi diperintahkan oleh atasannya untuk tidak melakukannya.

Pengacara Samantha juga telah berusaha memiliki transkrip segel. Mereka juga meminta pengadilan banding untuk membatalkan kasus terhadap Polanski dengan alasan perubahan terbaru konstitusi California yang memberikan hak-hak lebih kepadanya sebagai korban untuk mempengaruhi kasus ini.

0 comments:

Post a Comment